Cara Mengubah Data Baris ke Kolom di Excel

2:09 PM
Pemakaian excel terbukti sangat komplek, tak hanya sebatas software untuk menghitung melainkan juga dapat dipakai untuk merubah data baris ke kolom alias sebaliknya merubah kolom ke baris pada ms excel. Adapaun tentang caranya juga sebetulnya lumayan simple serta tak begitu ribet yakni dengan mekegunaaankan perintah copy-paste mode transpose di excel, tetapi meskipun begitu saya kira sebagian pembaca ada yang belum tahu tutorial merubah data baris ke kolom di excel alias sebaliknya merubah data kolom ke baris di excel.

Cara merubah data baris ke kolom alias sebaliknya di excel ini butuh kamu perbuat bila nyatanya kamu telah terlanjur mengetikkan data dalam bentuk baris berbentuk mendatar (horizontal) ke samping tetapi kemudian wajib membikin data yang formatnya berbentuk vertikal (tegak), padahal datanya ketidak sedikitan. Serta bila kamu wajib menulis ulang satu persatu pasti bakal membutuhkan tenaga serta waktu yang ketidak sedikitan, maka dari itu kamu butuh memakai tutorial ini untuk menanggulangi persoalan dengan mengkonversi data baris ke kolom di excel.

Cara Mengubah Data Baris ke Kolom di Excel
Untuk detail cara mengubah data baris ke kolom di excel atau sebaliknya, silahkan simak penjelasan berikut ini:
1. Pertama silahkan siapkan datanya/lembar kerja ms excel yang ingin dirubah tampilan datanya dari baris ke kolom atau sebaliknya, semisal saya mempunyai data seperti ini

2. Selanjutnya untuk mengubah posisi data baris ke kolom atau sebaliknya, anda seleksi/blok data tersebut lalu pilih Copy atau Klik kanan >> Copy (Ctrl+C)

3. Lalu pastekan data tersebut di sheet baru, dengan cara klik kanan >> Paste Special atau dari menu Paste Special

4. Pada tampilan paste special windows, kasih tanda centang (checklist) pada Transpose, lalu OK

5. Jika berhasil maka data yang semula baris akan menjadi kolom, atau sebaliknya lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya

Sekarang bisa anda lihat perbedaanya, data yang sebelumnya menyamping (horizontal) akan tegak vertikal dengan kata lain data yang semula baris menjadi kolom atau sebaliknya.
Previous
Next Post »
0 Komentar